Monday, September 21, 2015

POSITIF NEGATIF MENGERJAKAN PEKERJAAN KANTOR DI RUMAH



Sebagai seorang pekerja profesional sudah menjadi kewajiban untuk selalu menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan yang dibebankan dengan baik dan tepat waktu. Namun adakalanya pekerjaan yang harus diselesaikan cukup banyak, sehinga waktu kerja 8 jam per hari tidak cukup untuk menyelesaikan semuanya. Untuk menyiasati nya mau tidak mau pekerja harus melakukan kerja lembur.

Sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan, bagi pekerja yang melakukan kerja lembur wajib mendapatkan kompensasi berupa uang lembur dari kantor tempatnya bekerja. Lembur dianggap sah apabila ada perintah langsung maupun tertulis dari atasan serta ada bukti pekerjaan yang telah diselesaikan. Uang lembur sendiri dibayarkan bersamaan dengan gaji bulanan pada setiap akhir bulan.

Ketika lembur kerja mendapat imbalan yang sesuai tentunya akan membuat pekerja senang dan bersemangat. Namun bila lembur kerja tidak dibayar sesuai ketentuan karena kondisi keuangan kantor yang sedang tidak bagus, pekerja lebih memilih membawa pekerjaan yang belum terselesaikan ke rumah untuk dikerjakan.

Membawa pekerjaan kantor kerumah dan menyelesaikannya adalah salah satu bentuk tanggung jawab seorang pekerja atas pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Bila hal itu dilakukan dampak positif akan didapatkan seperti pekerjaan dapat terselesaikan tepat waktu, mendapatkan kepercayaan dari atasan sehingga karir kedepan lebih terjamin dan dikantor pekerja jadi lebih santai serta dapat mengerjakan pekerjaan yang lain.

Disamping hal-hal positif tersebut diatas ada pula beberapa hal negatif yang perlu kita perhatikan ketika membawa pekerjaan kantor kerumah diantaranya :

1.    Kurang Fokus Dalam Bekerja
Bagi yang belum terbiasa membawa pekerjaan kantor kerumah, fokus untuk menyelesaikan pekerjaan seringkali terganggu. Beberapa gangguan antara lain dari anak kita. Dirumah anak sering mengajak bermain dan bermanja-manja sehingga pekerjaan yang kita selesaikan hasilnya menjadi kurang maksimal.

2. Waktu Istirahat berkurang
Membawa pekerjaan kantor kerumah berarti harus siap untuk menyelesaikannya. Hal ini tentunya akan membuat waktu istirahat kita berkurang. Apabila keadaan ini berlangsung terus menerus dapat menimbulkan beban pikiran yang mengakibatkan stres.

3. Kurangnya percaya diri
Berkurangnya waktu istirahat membuat kondisi tubuh kita menurun. Capek, wajah lesu, mengantuk dan sering menguap dikantor adalah efek kerja lembur yang kita lakukan dirumah. Kondisi demikian akan membuat penampilan tidak bisa segar bugar seperti biasanya, sehingga hal ini dapat membuat krisis kepercayaan diri.

4. Dapat Mengganggu Keharmonisan Rumah Tangga
Ketika membawa pekerjaan kantor kerumah, yang pertama ada di fikiran kita adalah bagaimana segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Hal itu akan membuat kita menjadi cuek dengan orang-orang dirumah seperti istri dan anak kita. Komunikasi dengan mereka akan terganggu, tidak ada lagi canda tawa seperti biasanya. Bagi istri yang memahami pekerjaan suami akan bisa memakluminya serta memberikan suport, namun bagi yang tidak memahaminya bisa menyebabkan timbulnya pertengkaran. Bila kondisi ini berlangsung terus menerus dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga.

5. Membuat Kita Anti Sosial (ANSOS)
Kesempatan kita berkumpul dengan tetangga ataupun teman menjadi berkurang, karena waktu banyak dihabiskan untuk berdiam diri dirumah mengerjakan tugas-tugas dari kantor yang belum terselesaikan. Bila keadaan ini berlangsung terus-menerus kita akan menjadi orang yang anti sosial.


No comments:

Post a Comment